Powered by Blogger.

tips menggunakan parafin

Sunday, October 31, 2010

ADS
bahan bakar padat atau parafin seringkali digunakan oleh para tentara yang sedang bertugas di hutan - hutan dan para pencinta alam pun sering kali menggunakannya. bentuknya yang sangat ringkas sangat bermanfaat digunakan dalam kondisi darurat meskipun tidak dapat bertahan dalam kondisi badai. tapi dalam penggunaannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena mengingat parafin juga bisa menimbulkan bahaya.. langsung aj ya baca disini.



1. jauhkan dari makanan

jauhkan parafin dari makanan khususnya pada saat membakar parafin. karena akan ada percikan parafin saat parafin dibakar. bisa saja percikan tersebut tercampur pada makanan. parafin sangat beracun, jadi jangan sampai makanan kita tercampur parafin.

2. jangan membakar parafin didalam tenda

bila memasak menggunakan parafin harus diruangan yang lua dan terbuka. sangat tidak di anjurkan menggunaakn parafin diruangan yang sempi dan tertutup.
karena bau paragin yang terbakar sangat menusuk hidung dan tidak baik untuk kesehatan. sudah ada kejadian orang pingsan karena memasak menggunakan parafin didalam tenda.

3. jangan membakar dekat dengan dedaunan kering atau benda mudah terbakar

percikan - percikan parafin bisa jadi bahaya yang sangat besar jika percikan tersebut diatas benda yang mudah terbakar. ya, bisa kita tebak, bisa mengakibatkan kebakaran!!

4. cuci tangan setelah memegang parafin

segeralah mencuci tangan setelah memegang parafin. apabila kita lupa, maka bekas parafin yang masih menempel di tangan kita bisa terikut masuk ke dalam tubuh kita bersama makanan saat kita makan.

5.jangan dimakan!

jangan mencoba untuk mencicipi atau bahkan memakan parafin. dampaknya akan sangat buruk bagi kesehatan kita. bagi para senior hendaknya selalu memperingatkan para peserta diklat akan hal ini. saya pernah mengikuti diklatsar sebuah oraganisasi mapala. karena tidak ada peringatan dari seniornya, seorang peserta memakan gigitan kecil parafin. untung saja tidak terlalau banyak dan segera ditangani. entah bagaimana rasa parafin ( saya belum pernah dan tidak mau merasakan.. hehe , yang jelas bentuk parafin yang berwarna putih seperti gula yang dipadatkan mungkin menarik perhatian dan penasaran untuk mencobanya.


sesuatu pasti bermanfaat bila kita menggunakannya dengan benar dan menjadi bahaya bila kita tidak hati - hati dan ceroboh. semoga bermanfaat ya buat kalian yang sering camping dan masih menggunakan parafin. kalau saya lebih memilih menggunakan kayu sebagai bahan bakar dalam kondisi normal. memang ribet tapi bisa mengurangi penggunaan bahan bakar dari minyak dan gas. silahkan ditambahkan ya.

Sumber:
http://great-outdoor-goblog.blogspot.com/2009/11/tips-menggunakan-parafin.html
ADS

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

 

Most Reading